Selasa, 19 Januari 2010

Target Berikutnya, Lumpuhkan Persisam

Tinggal selangkah lagi Persib Bandung dapat menuntaskan misi sapu bersih tur Kalimantan sesuai dengan target yang ditetapkan Manajer Umuh Muchtar. Kemenangan atas Bontang FC 2-0 menjadi langkah pembuka yang cukup meyakinkan. Persisam Samarinda menjadi target bidikan yang harus dilumpuhkan selanjutnya pada Djarum Liga Super Indonesia 2009-2010 di Stadion Segiri Samarinda, Kalimantan Timur, Selasa (19/1).


Walaupun tidak akan diperkuat kiper utamanya Sinthaweechai "Kosin" Hathairattanakool yang masih dalam tahap pemulihan cedera area atas pergelangan kaki kirinya, optimisme dapat meraih kemenangan harus tetap dimiliki. Kiper kedua Persib Cecep Supriyatna pun dalam kondisi prima dan siap diturunkan sore ini.

Asisten Pelatih Persib Yusuf Bachtiar optimistis skuad "Pangeran Biru" dapat memenuhi target harus menang tersebut. "Sebenarnya kekhawatiran kami adalah saat harus berhadapan dengan Bontang FC di pertandingan sebelumnya. Sebab, mereka diperkuat pemain muda yang selalu bergerak ke sana kemari, sehingga merepotkan kami. Sementara Persisam sama sekali berbeda. Oleh karena itu, rasanya kemenangan dari laga ini akan jauh lebih mudah diraih," ucap Yusuf seusai melakukan uji lapangan di Stadion Segiri Samarinda, Senin (18/1) sore.

Menurut Yusuf, Persisam sendiri bermaterikan pemain-pemain berpengalaman. Dapat dikatakan, materi kedua tim hampir seimbang. Dengan kondisi tersebut, kedua tim tinggal beradu strategi dan kecerdikan pemain. Tim yang dapat memasang strategi tepat dan didukung kecerdikan saat di lapangan, itulah yang akan memenangi pertandingan nanti.

Selain kedua hal tersebut, Eka Ramdani dkk. harus dapat menjaga kestabilan tim dan jangan terpancing sedikit pun dengan aksi yang diperagakan lawan.

Pelatih Kepala Persib Jaya Hartono menambahkan, anak buahnya harus menerapkan kewaspadaan ekstra tinggi terhadap second striker Persisam yang bisa muncul dari mana-mana. Bisa dari gelandang, semisal Ronald Fagundez atau Danillo Fernando. Bahkan, bisa juga dari belakang, yakni Hamka Hamzah.

"Naluri gol para second striker ini yang jauh lebih tinggi daripada strikernya. Jadi khusus orang-orang ini, saya akan menginstruksikan pemain untuk lebih mewaspadainya," ujarnya.

Kendala yang muncul kemungkinan dari faktor cuaca. Matahari sore di Samarinda masih bersinar terik sehingga kemungkinan akan menguras stamina pemain. Namun, baiknya kondisi rumput lapangan tempat Persib bermain, diharapkan membuat rasa capai yang terasa tidak akan terlalu berlebihan.

Sementara itu, perihal batal disiarkannya pertandingan ini, Jaya tidak terlalu ambil pusing. Kekhawatirannya Persisam akan mengungguli Persib lewat faktor-faktor nonteknis pun tak lagi dirisaukannya. "Saya yakin kinerja wasit sekarang ini lebih profesional dan bertanggung jawab," ucapnya.

Terlepasnya beban masalah yang selama ini membelit membuat Persisam optimistis menyambut laga melawan Persib. Tak ada lagi ganjalan yang akan merintangi tim berjuluk "Elang Borneo" ini untuk mendulang poin sempurna di kandang sendiri. Berbekal kemenangan 1-0 atas Sriwijaya FC pada pertandingan sebelumnya, motivasi Hamka Hamzah dkk. makin berlipat demi dapat meneruskan tren positif yang telah dibukukan sebelumnya.

Pelatih Persisam Aji Santoso memberi sinyal kemungkinan dirinya akan menurunkan kekuatan penuh dengan memasang komposisi pemain yang sama seperti saat meladeni perlawanan Sriwijaya FC. "Kalaupun ada pergantian, mungkin hanya berupa rotasi pada satu atau dua pemain yang kelelahan setelah melakoni empat laga kandang berturut-turut melawan tim-tim kuat," ucap Aji saat ditemui di Hotel Andhika Samarinda.

Menghadapi Persib yang di mata Aji dianggap sebagai tim bermaterikan pemain paling komplet di Indonesia saat ini. Ia hanya akan mengandalkan kolektivitas tim supaya dapat mengimbangi permainan yang diperagakan sang tamu. Semua pemain Persib akan diwaspadai penuh, utamanya Suchao, Gonzales, Hilton, dan Budi Sudarsono.

Kendala di lini depan yang selama ini masih belum memperlihatkan produktivitas yang membanggakan akan diatasinya dengan menginstruksikan stopper Hamka Hamzah untuk membantu penyerangan demi memecah kebuntuan yang kerap terjadi. "Dia memang ada latar belakang penyerang jadi tidak kesulitan saat dimintai membantu penyerangan juga. Baik untuk menciptakan gol maupun memberikan umpan-umpan matang. Mudah-mudahan dengan kesiapan yang kami miliki serta dukungan

Source: PR


0 komentar:

Posting Komentar