Pihak kepolisian akan menindak tegas bonek, julukan suporter Persebaya jika berbuat ulah yang bisa mengganggu masyarakat maupun jalannya pertandingan. Panitia hanya menyediakan 500 tiket untuk bonek. Namun, yang datang ke Bandung diperkirakan lebih dari 1.000 orang.


"Kami siapkan pengamanan kemudian ada bantuan dari polda dan Brimob juga. Antisipasi harus, jangan sampai terjadi anarkistis di sana. Kami harus mencegah dan mengamankan hal-hal yang tidak diinginkan. Kami siap menindak tegas apabila hal itu terjadi," kata Kapolres Bandung Ajun Komisaris Besar Imran Yunus yang dihubungi, Kamis (21/1).

Bonek pernah membuat ulah di Bandung ketika pertandingan babak playoff antara Persebaya dan PSMS di Stadion Siliwangi. Ketika itu, ribuan bonek datang ke Bandung untuk memberikan dukungan kepada Persebaya. Namun, mereka datang dengan modal nekat. Bahkan, kebanyakan tidak membawa perbekalan uang yang mencukupi. Akibatnya, mereka melakukan penjarahan kepada pedagang makanan di jalur yang mereka lalui dan Stasiun Kiaracondong.

Irman menuturkan, dalam pengamanan nanti, sebagian aparatnya akan ditempatkan di pintu masuk kursi penonton. Hal itu untuk merazia barang bawaan penonton yang berpotensi akan menimbulkan gangguan, seperti senjata tajam, senjata api, obat terlarang, dan petasan.

"Untuk para penonton yang membawa tongkat bendera pun kami larang. Bendera silakan bawa ke dalam stadion, tetapi tongkat kayunya tidak boleh diikutsertakan," katanya.

Ia menegaskan, pola pengamanan yang akan diterapkan kala pertandingan Persib dan Persebaya itu terbuka dan tertutup. Pengamanan tidak hanya terfokus pada lokasi di wilayah stadion. Di sepanjang jalur lalu lintas menuju stadion pun akan diawasi oleh aparat kepolisian.

"Kami pun dibantu oleh jajaran polsek di sekitar wilayah yang dilewati oleh para bobotoh dan kendaraan tim sepak bola. Fungsi lalu lintas harus terus berjalan," kata dia.

Imran mengatakan, peran untuk mengamankan wilayah bukan hanya tugas polisi. Masyarakat dan semua penonton ikut mengamankan lingkungannya masing-masing. Selain itu, menjaga ketertiban di luar dan di dalam stadion.

Sementara itu, pemesan tiket pada hari pertama kemarin membeludak. Namun, panpel masih akan membukan pemesanan Jumat ini di Stadion Siliwangi Bandung mulai pukul 10.00 WIB.

Source: PR


0 komentar:

Posting Komentar