Sabtu, 09 Januari 2010

Serep Andalan


AIRLANGGA Sutjipto selama ini kerap menjadi senjata cadangan yang baru dikeluarkan tiap kali "Pangeran Biru" dalam kondisi kritis. Walaupun lebih sering menjadi amunisi cadangan, pemain yang akrab disapa Ronggo ini mampu tampil sebagai serep yang dapat diandalkan.

Terbukti, gol pertama Persib Bandung di musim kompetisi Liga Super Indonesia (LSI) 2009-2010 ini justru lahir lewat sundulan pemain bernomor punggung 9 itu ketika Persib menghadapi PSM Makassar awal Oktober lalu. Padahal, Ronggo baru menyentuh rumput hijau pada menit ke-68 untuk menggantikan Budi Sudarsono.

Pascapertandingan tersebut Ronggo kembali lebih sering menghiasi bangku cadangan dan baru diturunkan di pertengahan atau menjelang akhir laga untuk menggantikan pemain lain yang dianggap jajaran pelatih sudah sulit mengembangkan permainannya.

Baru pada saat Persib menantang tuan rumah Persema Malang beberapa waktu lalu, Ronggo untuk pertama kalinya mendapat kepercayaan turun sejak menit awal. Sebenarnya, pemain kelahiran Jakarta, 22 November 1985 itu cukup berhasil menjawab kepercayaan yang diberikan Pelatih Kepala Jaya Hartono kepadanya.

Pada menit ke-42, Ronggo berhasil mendaratkan si kulit bundar ke jala gawang Persema. Namun, wasit menganulir gol tersebut karena menilai salah seorang pemain Persib kadung berada dalam posisi offside. Persib pun akhirnya harus puas dipecundangi Persema dengan skor telak 3-0.

Pada "big match" melawan Persija Jakarta di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (9/1), kemungkinan besar Ronggo akan kembali dipercaya jajaran pelatih untuk bermain sejak awal pertandingan. Pasalnya, Hilton Moreira yang biasa menjadi tandem Cristian Gonzales di lini depan kali ini akan ditarik ke sektor tengah lapangan. Sementara itu, Budi Sudarsono masih diragukan kondisinya setelah mengalami cedera ankle kanan saat memperkuat tim nasional Indonesia.

Menanggapi kemungkinan tersebut, Ronggo menjawab diplomatis, "Kalau memang dipercaya pelatih, saya akan membuktikan mereka tidak salah memberikan kepercayaannya pada saya. Sebab, saya berjanji akan tampil sebaik mungkin demi mengantarkan Persib meraih kemenangan."

Bahkan, diam-diam Ronggo memiliki ambisi besar yang ingin diwujudkannya pada pertandingan kali ini. "Ingin sekali mencetak hattrick saat pertandingan melawan Persija nanti, pasti kebanggaannya berlipat ganda," ucapnya penuh keyakinan.

Guna mewujudkan ambisi tersebut, Ronggo sudah mengantongi serangkaian taktik dan strategi khusus yang dipersiapkannya untuk melewati kawalan pemain belakang Persija yang dikomandoi Abanda Herman. Mengobrak-abrik benteng pertahanan lawan demi mengacaukan konsentrasi pemain belakang ialah salah satu taktik yang akan dilancarkannya. Selain itu, duel di udara pun diharapkannya dapat menjadi senjata jitu membobol jala gawang Persija.

Meski besar harapannya dapat mewujudkan ambisi terpendamnya itu, Ronggo berjanji tak akan serta-merta tampil egois. Sebab, ia sadar kemenangan merupakan target utama yang harus dikejarnya.

"Yang penting Persib bisa menang. Jadi tidak masalah siapa yang akan mengantarkan kemenangan tersebut. Siapa pun yang memiliki peluang harus memanfaatkannya semaksimal mungkin," ucap Ronggo yang pernah menyarangkan satu gol ke gawang Persija ketika Persib menang 2-1 di pengujung kompetisi musim lalu. (Riesty Yusnilaningsih/"PR")***


Source: PR



0 komentar:

Posting Komentar