Jumat, 15 Januari 2010

Irfan Masih Harus Dipoles

Mantan pemain FC Utrecht dan HFC Haarlem Belanda yang berharap bisa bergabung dengan Persib Bandung, Irfan Bachdim, punya teknik sepak bola spesial untuk ukuran pemain berusia 21 tahun.


Namun untuk terjun langsung di Liga Super Indonesia (LSI), Irfan dinilai masih memiliki kekurangan terutama dari segi kekuatan untuk berduel secara fisik, kemampuan yang menjadi elemen penting untuk LSI yang kental dengan karakter permainan sepak bola keras.

"Ketika bergabung dalam game latihan bersama pemain-pemain Persib U-21, dia punya teknik bagus dan skill dasar sepak bola ala Eropa yang menarik. Namun, kalau untuk terjun langsung bertempur di liga senior, saya kira dia butuh waktu untuk beradaptasi," ujar Pelatih Persib U-21 Mustika Hadi yang juga memantau Irfan berlatih bersama "Maung Muda" di Stadion Persib, Jln. A. Yani, Bandung, Kamis (14/1) pagi.

Kekuatan dan kemampuan berduel juga mesti ditingkatkan karena dia tampak masih terlalu stylish. "Kalau gaya seperti itu langsung dimainkan di LSI bisa habis," kata Mustika.

Namun, menurut Mustika, Irfan memang bisa menjadi pilihan cukup bagus untuk variasi pemain. Apalagi, meski berwajah asing, paspor Irfan adalah warga negara Indonesia sehingga kuota lima pemain asing masih bisa dimanfaatkan Persib.

Pendapat yang sama dilontarkan mantan pelatih Persib Risnandar Soendoro yang ikut mengamati latihan Persib U-21 kemarin.

Menurut dia, Irfan punya kemampuan menonjol. Namun untuk langsung direkrut dan menjadi pemain inti Persib, harus dipertimbangkan dengan matang. "Kalau untuk persiapan jangka panjang, Irfan cukup bagus untuk pemain selevel usianya," ujar Risnandar.

Irfan sendiri berharap bisa mendapatkan kesempatan menunjukkan kemampuannya dalam seleksi pemain Persib nanti. Namun selama Persib melakoni tur Kalimantan, pemain yang bisa beroperasi sebagai sayap kiri, kanan, dan penyerang lubang ini akan rutin menjaga kondisinya dengan berlatih bersama Persib U-21.

Pada latihan perdananya bersama Dias Angga dkk., Irfan terlibat dalam gim internal, sesi latihan fisik, dan latihan penyelesaian akhir. "Latihan pertama saya di sini cukup menyenangkan. Memang lapangannya jelek sehingga kaki saya lecet-lecet, tetapi cuacanya cukup enak dan rekan latihan juga bagus. Saya berharap bisa ikut seleksi dan bermain di Persib (senior)," kata Irfan

Source: PR



0 komentar:

Posting Komentar