WUJUD rasa cinta dan bangga terhadap Persib dapat direalisasi dengan berbagai bentuk. Para bobotoh sejati biasanya selalu hadir di lapangan ketika Eka Ramdhani dkk. bertanding. Lain lagi dengan para seniman, mereka melakukan bentuk apresiasi dengan karya ciptanya. Seperti Kang Ibing. Pentolan grup lawak D’Kabayan ini memberi dukungan sekaligus wujud kebanggaan terhadap Persib dengan membuat lagu berjudul ”Maung Bandung”.

Tembang berbahasa Sunda itu sedikitnya ampuh melecut semangat para pemain Persib ketika zaman kompetisi perserikatan dulu. Secara kebetulan pula, di saat lagu tersebut marak diperdengarkan, Persib merebut Piala Presiden dengan menumbangkan Persebaya di final.

Tapi itu cerita dulu. Bagaimana dengan sekarang? Sepertinya Kang Ibing adem ayem. Hadir ke lapang nyaris tak pernah, bikin lagu pun tidak. Sudahkah luntur dukungan pemilik nama lengkap Raden Aang Kusmayatna Kusumadinata ini?

”Sampai kapan pun rasa cinta Akang ka Persib mah moal leungit. Akang masih ngabobotohan keneh Persib nepi ayeuna tapi ngan ukur (nonton) di tipi (TV),” aku Ibing saat ditemui di kediamannya, Kompleks Pandanwangi Bandung, belum lama ini.

Lebih lanjut, pria kelahiran Sumedang, 20 Juni 1946 ini mengatakan, kalaupun dirinya tidak pernah lagi melihat langsung duel Persib di stadion, itu karena faktor usia. ”Keur mah jauh, macet mun ka Jalak Harupat mah, Akang oge ngarasa geus kolot. Jadi ngabobotohan teh dina tipi we. Nu pasti mah tiap Persib maen tara pernah kaliwat,” sebut Ibing yang belakangan ini dikenal sebagai pendakwah.

Ditanya apa masih ada keinginan menciptakan tembang lagi untuk Persib, dengan tegas Ibing menyatakan, siap saja kalau diminta. ”Tapi mun nyodor-nyodorkeun mah saya tidak mau. Mun dipenta insya Allah ditedunan,” kata pelawak yang hobi memelihara domba ini.

Meski belum ada pemintaan langsung dari manajemen Persib atau pihak terkait, namun Ibing tetap akan mendukung perjuangan Maman Abdurahman cs hingga mewujudkan impian meraih gelar juara.

”Iraha deui mun teu ayeuna juara. Materi pemain berkualitas. Manajemen sudah bagus. Tinggal pelatih ngaracikna nu bener. Ciptakan lagi permainan Persib nu cantik jeung sportif,” pinta Ibing mengakhiri percakapan.

Ya, seperti petikan lagu ”Maung Bandung” buah ciptanya.

Jung maju Maung Bandung
Patandang geura sing meunang
Ulah ringrang tong hariwang
Kade poho cantik sportif di lapangan **

Source: GM


0 komentar:

Posting Komentar