Sabtu, 20 Februari 2010

Persib Harus Bekerja Lebih Keras

Enggan semakin merosot dalam persaingan klasemen, Persib Bandung harus bekerja lebih keras dalam mengawali laga kandang dalam putaran kedua Liga Super Indonesia (LSI) 2009-2010 melawan Persisam Samarinda, Sabtu (20/2) ini.

Kini peringkat Persib berada di posisi kedelapan setelah digeser para pesaingnya. Padahal, di permulaan putaran kedua skuad "Pangeran Biru" sempat bertengger di jajaran tiga besar klasemen sementara.

Pemicu hal tersebut yaitu setelah Persib ditekuk oleh Persebaya 1-2 pada laga kedua putaran kedua, Minggu (14/2). Tambahan tiga poin tidak terjadi sehingga tiga puluh poin sementara tidak berubah.

Tidak hanya menelan kekalahan, sisa pertandingan melawan Persebaya lalu meninggalkan kekosongan di lini belakang dan lini tengah Persib. Dipastikan ketika melawan Persisam nanti, Persib kehilangan sosok Nova Arianto dan Hariono karena akumulasi hukuman kartu kuning.

Pelatih Kepala, Jaya Hartono, menyadari hal itu. Ia tengah mengulik siapa personel pasukan "Biru" yang akan mengisi kekosongan posisi tersebut dalam menghadapi "Elang Borneo" nanti. Nama-nama seperti Aji Nurpijal dan Edi Hafid, Wildansyah disebut-sebut sebagai kandidat pengganti Nova Arianto. Begitu pula dengan Cucu Hidayat maupun Munadi yang akan berperan seperti Hariono.

"Tetapi kalau melihat kondisi Cucu saat ini, dia belum sepenuhnya pulih seratus persen. Saya kira kondisi dia baru mencapai tujuh puluh persen saja. Jadi kemungkinan besar dia tidak akan dijadikan starter untuk menggantikan Hariono. Kami masih mengutak-atik posisi," tutur dia seusai latihan di Stadion Siliwangi, Jln. Aceh, Bandung, Jumat (19/2) pagi.

Dalam pertandingan menghadapi Persisam nanti, Jaya percaya terhadap anak asuhnya yang akan mengisi Nova dan Hariono. Misalnya kepada Edi maupun Munadi. "Kalau mereka tidak dimainkan dari sekarang kapan lagi," katanya.

Meski demikian, di posisi lainnya sudah bisa dipastikan akan siap tempur, termasuk dengan Hilton yang masih mengalami cedera di paha kirinya. Hilton sempat tidak terlalu aktif dalam latihan pagi dan sore Persib.

Jaya memastikan Hilton akan merumput di Stadion Si Jalak Harupat walapun kondisinya kurang layak. Begitu pula dengan Sinthaweechai "Kosin" Hathairattanakool yang akan dimainkan dalam laga pamungkasnya. "Soal Markus, saya sendiri belum bisa memastikannya karena dia masih dalam tahap pendaftaran ke PT Liga Indonesia. Surat resminya juga belum turun, nanti saya harus tanyakan ke manajemen. Akan tetapi dalam starting line up tetap Kosin," katanya.

Dengan kondisi personel tim yang masih diutak-atik tersebut, Jaya tetap optimistis untuk terus bersaing di papan atas. Hal itu disebabkan persaingan semakin ketat.

Dia mengingatkan kepada anak asuhnya untuk tetap berkonsentrasi dan jangan sampai lengah. Apabila pemain lengah, konsekuensinya berpengaruh terhadap kemerosotan peringkat Persib.

Asisten pelatih Yusuf Bachtiar menambahkan, rotasi posisi telah dilakukan semenjak kepulangan dari Surabaya. Dia menyebutkan dua nama dalam bursa pengisian posisi yang kosong tersebut, yaitu Cucu Hidayat dan Munadi sebagai pengganti Hariono. Namun, dia pun menyebutkan alternatif lainnya seperti Eka ataupun Hilton untuk mengisi posisi tersebut.

Sementara itu, Pelatih Persisam Aji Santoso yang dihubungi terpisah melalui telefon genggamnya mengatakan, anak asuhnya dalam konsisi siap tempur meski dia harus kehilangan dua gelandangnya yaitu Irsyad Aras dan Akbar Rasyid yang sama-sama terkena akumulasi kartu kuning. Namun, dia sudah menyiapkan penggantinya yaitu Agus Priyanto dan Usep Munandar jadi gelandang bertahan. "Absennya kedua gelandang saya itu mengurangi jumlah pasukan yang saya bawa ke Bandung dan Palembang yaitu hanya delapan belas pemain," katanya. Dengan demikian, dia harus memaksimalkan sisa pemain yang ada.

Sisi lain menghadapi Persib kali ini, kata Aji, adanya sosok Zaenal Arif yang melekat dengan mantan pemain Persib. Dia mencium ada motivasi lain ketika Abo, nama sapaan Zaenal Arif bila diturunkan. Namun, dia belum bisa memastikan Abo ada dalam deretan sebelas pemain inti. Hal itu karena Aji hanya akan menurunkan pemain yang paling siap.

"Persib merupakan tim yang lengkap di semua lini. Jadi, kami harus tetap siaga penuh. Target kami dalam putaran ini yaitu asal tidak mengalami degradasi karena mencuatnya polemik di awal kompetisi," tuturnya.

Asisten pelatih Hendri Susilo menambahkan, setidaknya Persisam mampu menahan Persib dengan angka imbang. Dia menyadari Persib merupakan tim solid dengan taktik yang bagus. "Tidak adanya Nova dan Hariono, saya pikir Jaya Hartono lebih tahu siapa pengganti mereka. Ada dan tidak adanya merek harus terus berjaga-jaga, terus semangat, dan tidak kenal menyerah hingga akhir pertandingan," ungkap dia.

Source: PR


0 komentar:

Posting Komentar