Pentolan bobotoh dan panitia pelaksana (panpel) pertandingan Persib Bandung akan dipanggil petugas penyidik Polwiltabes Bandung. Langkah itu dilakukan terkait adanya perusakan puluhan rumah di sepanjang Stasiun Kiaracondong hingga Cikudapateuh oleh sejumlah bobotoh dari atas kereta api sebelum pertandingan Persib Bandung melawan Sriwijaya FC berlangsung, Senin (17/5).

"Jika terjadi tindak anarkis bobotoh yang merugikan masyarakat, janji saya sebelumnya kepada kalian (wartawan, red), kita akan memanggil para pengurus, panpel, dan bobotoh untuk diperiksa. Waktunya kemungkinan dalam minggu ini," kata Kapolwiltabes Bandung Kombes Pol. Imam Budi Supeno kepada wartawan, Selasa (18/5) malam.

Dikatakan, pihaknya akan meminta dan menagih komitmen para pentolah bobotoh, pengurus Persib serta panpel, beberapa hari sebelum pertandingan Persib pertama di Stadion Siliwangi dalam Liga Super Indonesia (LSI). "Saat itu, di hadapan kami, mereka berikrar akan menjaga kondusifitas Kota Bandung sebelum dan sesudah pertandingan. Tapi apa buktinya? Mereka (bobotoh, red) merusak rumah warga," terangnya.

Dalam pemanggilan nanti, Kapolwiltabes menyatakan, pihaknya akan meminta kepada tiga pihak tadi untuk turut membantu polisi dalam mengungkap identitas bobotoh yang melakukan perusakan. "Kami perlu mengetahui, bobotoh yang melakukan aksi tersebut dari mana," jelasnya, seraya menambahkan, untuk laga Persib selanjutnya masih menunggu hasil rapat evaluasi.

"Kepastian dan keputusan soal diijinkan atau tidaknya Persib berlaga akan kami umumkan setelah rapat evaluasi antara pihak kepolisian, Kodam III/Siliwangi, pentolan bobotoh, pengurus serta panpel," tegasnya.

Sebelumnya Kapolwiltabes Bandung, Kombes Pol. Imam Budi Supeno mengancam akan mencabut izin panitia pelaksana (panpel) pertandingan Persib Bandung dan memprosesnya secara hukum bila bobotoh berbuat onar, serta merugikan masyarakat Kota Bandung. Pihaknya pun tidak akan pernah mengizinkan kembali Persib berlaga di Stadion Siliwangi Bandung.

"Bila ada kejadian bobotoh berulah seusai pertandingan, semua panpel akan saya panggil dan langsung diangkut ke polwil," tegas Imam saat ditemui wartawan, usai memantau langsung pertandingan Persib versus Persiwa di luar Stadion Siliwangi Kota Bandung, Kamis (6/5).

Source: GM

0 komentar:

Posting Komentar