Selasa, 08 Juni 2010

Cari Penyerang Bertipe "Ngotot"

Penyerang Persib musim kompetisi 2010-2011 sebaiknya dihuni dengan penyerang yang berkarakter ngotot. Selama musim kompetisi 2009-2010, salah satu faktor kemerosotan Persib adalah kurang tajamnya striker Persib, ditambah dengan minimnya stok pemain depan sepeninggal Hilton Moreira yang mengalami cedera cukup parah. Gonzales yang saat itu jadi tumpuan, tidak mendapatkan tandem yang sepadan dengannya.

Mantan stiker Persib yang membawa Persib juara Liga Indonesia I 1995, Sutiono Lamso menilai, lini depan Persib menjadi sorotan selama musim kompetisi tahun ini. Kurangnya stok pemain depan menjadi kendala dalam prestasi Persib selama ini.

Menurut dia, lini depan Persib dinilai akan lebih pas apabila Gonzales dipasangkan dengan penyerang yang bermain ngotot seperti Hilton Moreira. Mereka berdua sudah kompak dan mampu mengecoh pertahanan lawan. "Kalau sekarang ini, Persib memang bergantung kepada Gonzales saja setelah Hilton tidak ada. Pasangannya sekarang, seperti Airlangga misalnya, dia itu belum konsisten mainnya. Sesekali bagus dan terkadang jauh di bawah perform. Begitu pula dengan Budi Sudarsono yang cenderung bermain lebih individu. Namun saya tidak memungkiri, terkadang Hilton juga sering egois," tuturnya yang dihubungi Kamis (3/6).

Sutiono menilai, sejauh ini apabila dibandingkan dengan penghuni lini depan musim ini, duet Hilton dan Gonzales merupakan pasangan yang ideal. Gonzales merupakan eksekutor bola yang lihai memanfaatkan suplai-suplai bola yang akurat dari Hilton maupun pemain dari barisan tengah. Gonzales dinilai memiliki naluri yang sangat tajam. Namun, hal itu tetap bergantung dari umpan yang disodorkan kepadanya.

"Akan tetapi, Persib harus bisa mengantisipasi dengan usia Gonzales yang terbilang sudah tidak muda lagi. Kalau dilihat dari beberapa pertandingan sebelumnya, ia kerap turun dan lengah dari posisinya, mungkin karena faktor usianya. Tapi sejauh ini, Gonzales masih terbilang penyerang yang tajam," katanya.

Sutiono mengatakan, apabila Gonzales masih dipercaya memperkuat Persib pada musim kompetisi 2010-2011 nanti, hal itu wajar. Pasalnya, tidak mudah memiliki striker seperti Gonzales, karena dia sudah memiliki bakat bawaan. "Yang terpenting, Persib itu memang harus merekrut striker yang berani merepotkan pertahanan lawan," ucapnya.

Ke depan, dengan mumpuninya lini depan, Sutiono mengharapkan Persib akan lebih berprestasi lagi dibandingkan dengan musim ini. "Persib harus berkaca juga pada Arema yang selalu bermain konsisten di laga kandang maupun tandang," katanya.

Sementara itu, Manajer Persib Umuh Muhctar yang dihubungi terpisah mengatakan, untuk posisi depan dirinya memang masih mengharapkan Gonzales bisa memperkuat Persib musim depan, meskipun dia agak mengalami penurunan kontribusi gol terhadap Persib. Namun, Umuh menyerahkan kembali keputusan itu kepada Gonzales.

"Saya yakin Gonzales masih mau bermain di Persib, karena dia pernah bilang hal itu pada saya. Tapi hal itu tergantung dia karena saya sudah dengar banyak tim yang berminat padanya meskipun baru isu saja," ujarnya.

Mengenai perpanjangan kontrak Hilton, Umuh mengisyaratkan tidak akan mengontrak pemain yang dijuluki "El Samba" itu. Hilton dinilai akan mengalami penurunan performa karena pascacedera yang menimpanya tidak menjamin kepada penampilannya nanti.

"Saya tidak mau ambil risiko untuk mengontrak kembali Hilton, karena dia janjinya Oktober nanti kembali ke Indonesia dan saya yakin dia masih belum pulih benar. Jadi riskan rasanya kalau saya memaksakan Hilton untuk bergabung kembali bersama Persib," tuturnya.

Sementara itu, PT Persib Bandung Bermartabat telah mengeluarkan kostum orginal Persib 2009-2010. Kostum ini merupakan edisi terbatas karena yang hanya dijual seratus buah.

"Bobotoh yang berminat mengoleksi kostum orginal Persib bisa datang langsung ke Jalan Sulanjana No. 17," ujar Manager Development PT PBB, Budhi Bram Rachman.

Source: PR

0 komentar:

Posting Komentar